Friday, 16 December 2022

Macam Macam Pastry yang Dipakai Seluruh Dunia



Bagi sebagian orang, terkadang masih belum tahu apa itu pastry. Hal itu dikarenakan pengertian pastry pada masyarakat mempunyai definisi berbeda-beda dan tergantung pada pemahaman dan pengalaman masing-masing orang.

Oleh sebab itu, tidak jarang ada yang mengartikan semua jenis kue termasuk ke dalam pastry. Bahkan juga yang mengartikan bahwa pastry adalah sebuah adonan yang berlapis-lapis.

Pengertian Pastry

Jika dilansir dari Baking Pan, pastry sendiri merupakan istilah yang berarti banyak hal. Pastry bisa mengacu pada jenis adonan tertentu seperti yang digunakan untuk membuat pai, kue tart, dan juga quiche.

Pastry juga mengacu pada kategori makanan yang dipanggang. Ada juga banyak jenis adonan pastry dan bahkan lebih banyak jenis pastry yang bisa kamu pertimbangkan di seluruh dunia.

Macam-Macam Pastry di Dunia

Di bawah ini, kita akan bahas macam-macam pastry di dunia dan paling umum dipakai. Contohnya adalah sebagai berikut.

1.      Flaky Pastry


Macam-macam pastry yang paling sederhana adalah flaky pastry. Jenis yang satu ini sering dipakai untuk makanan pai manis dan gurih, quiche, sosis roff dan turnovers.

Jenis Flaky Pastry ini mendapatkan manfaat dari sikap lepas tangan karena adonannya paling rapuh. Flaky Pastry ini adalah hasil dari potongan mentega seukuran kacang polong dan memakai pekerjaan tangan yang lembut.

Jika kamu terlalu banyak mengaduk adonan ini, maka dapat menghasilkan kue yang keras dan rapuh. Oleh sebab itu, pastry ini sangat cocok untuk pai buatan sendiri.

2.      Shortcrust Pastry


Jenis variasi pastry selanjutnya adalah Shortcrust Pastry.yang mudah dibuat dan tahan banting. Adonan pada Shortcrust Pastry ini jauh lebih kohesif daripada kue kering. Oleh sebab itu, adonan ini sering digunakan sebagai dasar yang kokoh untuk pembuatan kue tart.

Bahkan adonan pada Shortcrust Pastry ini sangat manis dan kokoh. Dengan begitu, tidak terlalu berbeda dengan adonan kue shortbread.

3.      Puff Pastry


Puff Pastry adalah jenis pastry yang memiliki ciri-ciri dengan lemak dan udara yang terperangkap di antara lapisan adonan. Dengan begitu, hasil akhir kuenya adalah lembut, berlapis, dan juga renyah di mulut.

Kue yang memakan waktu lama ini dianggap sebagai salah satu pilihan pada jenis kue kering. Hal itu juga sepadan dengan waktu pembuatannya. Jenis pastry ini sering dipakai untuk kulit pie, pembungkus daging, dan masih banyak lagi.

4.      Sweet Shortcrust Pastry


Berikutnya ada Sweet Shortcrust Pastry yang dikenal orang Perancis sebagai Pate Sucree. Jenis Pastry satu ini sangat cocok untuk pembuatan kue tart dan pai pada pencuci mulut.

Sweet Shortcrust Pastry ini menggunakan resep yang sama seperti pada kue shortcrust sebelumnya. Akan tetapi, jenis satu ini menambahkan gula dan kuning telur untuk rasa yang lebih manis dan juga lebih kaya.

5.      Choux Pastry



Terakhir ada Choux Pastry atau sering juga disebut pate choux. Jenis Pastry ini terbuat dari tepung, air, mentega, dan juga telur. Ditambah lagi, tekstur pada Choux Pastry ini kental dan juga lengket.   

Proses pembuatan Choux Pastry ini bisa dikatakan cukup rumit karena adonan dikocok bersama di atas kompor sampai membentuk adonan yang kental. Proses tersebut juga menjebak uap yang dilepaskan dalam oven dan menciptakan kue puff.

Dengan begitu, kulit luar pada Choux Pastry ini terasa renyah dan terdapat interior berongga. Nantinya di dalam adonan tersebut diisi dengan berbagai isian dan dipakai pada kue sus dan profiterol.

Demikian macam-macam pastry yang dipakai seluruh dunia. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Baca juga: 5 Resep Kue Basah Praktis Lezat Jenis Lapis


No comments:

Post a Comment