Tuesday, 22 November 2022

Resep Papeda Papua Ikan Kuah Kuning Plus Info Tepung Pengganti Sagu

Jika di pulau Jawa beras menjadi makanan pokok warganya yang kemudian diolah menjadi nasi, bubur, atau lontong sampai ketupat. Di daerah Timur Indonesia justru menjadikan ubi dan sagu sebagai makanan pokok mereka, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan olahan dari sagu yakni papeda.

Memiliki ciri khas berwarna bening, bersifat lengket, dan rasanya hambar namun papeda banyak digemari karena cocok untuk dipadankan dengan lauk kuah kuning. Lauk yang biasa dipilih adalah ikan, karena kebanyakan profesi mereka adalah nelayan.

Bagi yang penasaran dengan rasa dari makanan khas timur Indonesia ini, berikut adalah resep dari papeda dengan lauk ikan kuah kuning:

1. Pertama jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan yang akan disulap menjadi papeda yakni:

- 250 gram sagu/tepung tapioka/kanji

- Garam secukupnya

- Air secukupnya

2. Jangan lupa untuk menyiapkan juga bahan untuk ikan kuah kuning sebagai berikut:

- 500 gram ikan (bisa pakai ikan tuna,  cakalang, atau ekor kuning sesuaikan dengan selera)

- Kemangi sesuai selera

- Tomat 2-3 buah

- Cabe rawit utuh sesuai selera

- 1 btg serai digeprek

1 buah jeruk nipis

3. Selanjutnya siapkan juga bahan untuk bumbu halus:

- 3 siung bawang putih

- 5 siung bawang merah

- 1 ruas jahe

- 1 ruas kunyit

- 3 buah kemiri

- 3 buah cabe kriting

- Secukupnya garam dan gula


Setelah semua bahan di atas tersedia kita masuk ke step masak berikut ini:

a. Masak Papeda dengan cara ini: campurkan sagu atau tepung tapioka dengan sedikit garam, masukan air sampai encer. Masak sedikit air sampai mendidih, kemudian masukkan campuran tadi. Aduk sampai nampak sagu atau tepung tapioka berubah warna menjadi bening, matikan api. Ambil 2 buah garpu, gulung gulung papeda kemudian masukan ke dalam baskom berisi air dingin.

b. Cara memasak Ikan kuah kuning: tumis bumbu halus sampai tercium harum, masukkan serai. Tambahkan air, tambahkan gula, dan garam, masak sampai mendidih. Tes rasa, jika dirasa sudah pas tambahkan ikan yang telah dicuci bersih. Tunggu sampai air mendidih kembali, tambahkan cabe rawit utuh, tomat dan juga kemangi. Jika sudah matang bubuhkan perasan air jeruk nipis, dan matikan api maka Papeda dengan lauk ikan kuah kuning anda sudah siap untuk disantap bersama keluarga dan cocok dijadikan menu sarapan sehat.


Pengganti Sagu atau Tepung Sagu

- Tepung Tapioka alias Kanji

Pilihan pertama Anda bisa menggantinya dengan tepung tapioka atau biasa juga disebut dengan kanji yang terbuat dari singkong, teksturnya emang agak berbeda namun jika dimasak hasilnya mirip. Jika diperhatikan sebelum dimasak tapioka memiliki warna yang tidak seputih sagu, nampak tidak lengket, juga mudah pecah. Tapi setelah dimasak akan muncul tekstur lengket dan kental, seperti tepung sagu yang dimasak menjadi papeda. Selain menjadi pengganti tepung sagu, bisa juga sebagai pengental dari makanan berkuah.

- Tepung Maizena alias Tepung Jagung

Pilihan kedua adalah tepung maizena atau tepung jagung yang terbuat dari jagung, tepung yang satu ini biasanya di posisi sekunder bukan sebagai tepung pokok. Karena memiliki sifat tidak mudah padat, hanya membantu mengentalkan saja. Mirip dengan tepung tapioka, tepung maizena bisa dipakai sebagai pengental makanan berkuah. Namun jarang juga yang mengetahui, bahwa tepung ini bisa digunakan sebagai bahan baku pembuat permen seperti rambut nenek agar tidak lengket saat disentuh tanpa mengubah rasa.


Sekian info tentang resep papeda dengan lauk ikan kuah kuning, lengkap dengan bonus info tepung pengganti sagu atau tepung sagu yakni tepung tapioka dari singkong dan tepung maizena dari jagung. Semoga bermanfaat bagi yang sedang ingin memasak papeda, selamat mencoba!


Baca juga: 3 Resep Menu Masakan Sunda Yang Enak dan Lezat


No comments:

Post a Comment