Sunday, 2 October 2022

Mengenal Pengertian Teori Konspirasi Dan Contohnya

Mengenal Teori Konspirasi dan Beberapa Konspirasi Populer, Cek Selengkapnya di Sini!

Sumber: Kompas.com

Belakangan ini, konspirasi menjadi salah satu topik pembahasan yang menarik bagi masyarakat. Bahkan tidak sedikit para konten kreator membuat konten yang memhabas seputar konspirasi ini. Namun, apakah kamu sudah mengetahui arti dari konspirasi?

Secara umum, konspirasi bisa diartikan sebagai dugaan akan munculnya suatu persengkokolan untuk menjalankan suatu rencana besar. Terjadinya berbagai macam peristiwa ataupun tragedi yang dinilai ganjil tidak jarang dihubungkan dengan konspirasi. 

Agar tidak salah mengerti, dibawah ini akan dibahas tentang teori konspirasi beserta contohnya. 

Pengertian Teori Konspirasi

Teori konspirasi atau teori persengkokolan adalah suatu teori yang berusaha untuk bisa menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu ataupun serangkaian terjadinya peristiwa merupakan suatu hal yang sifatnya rahasia dan seringkali memperdaya seseorang, direncanakan secara sembunyi – sembunyi oleh pihak tertentu seperti sekelompok orang ataupun organisasi yang memiliki kuasa tinggi dan sangat berpengaruh. Umumnya, peristiwa yang dihubungkan dengan konspirasi adalah peristiwa politik, sejarah, ataupun sosial. 

Kata konspirasi sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu conspiracy yang memiliki arti suatu rencana besar rahasia yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk bisa melakukan suatu hal yang melanggar ataupun merugikan hukum. 

Contoh – Contoh Teori Konspirasi

Konspirasi dan teori konspirasi yang berusaha untuk mengungkapkan suatu peristiwa ataupun isu bukanlah hal baru. Bahkan konspirasi atau teori konspirasi sudah ada sejak bertahun – tahun silam. Bahkan terdapat juga beberapa teori konspirasi yang akhirnya dapat mempengaruhi pikiran orang. 

Berikut dibawah ini beberapa contoh teori konspirasi yang sebelumnya pernah terjadi:

1. Adanya Manipulasi Cuaca

Sumber: MiliterMeter.com

konspirasi pertama hadir pada tahun 1993 saat sebuah badan proyek penelitian dan pertahanan AS menggandeng militer AS dan Universitas Alaska. Kemudian proyek penelitian tersebut memulai sebuah program High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP).

HAARP adalah sebuah proyek yang diungkapkan oleh publik dan memicu banyak kecurigaan. Banyak publik yang berasumsi bahwa proyek tersebut dirahasiakan oleh pemerintah AS. 

2. Keberadaan Bulan Tidak Nyata

Sumber: BBC

Teori konspirasi yang menyatakan keberadaan bulan tidak nyata, pertama kali dikemukakan oleh David Icke, seorang mantan pemain bola, penulis buku, dan seorang public speaker. Ia menyatakan bahwa sebenarnya bulan tidak nyata. 

Ia berargumen bahwa bulan itu tidak nyata awalnya karena terinspirasi oleh seorang penulis asal Amerika Serikat yang mengatakan bahwa bulan memiliki ukuran yang dinilai cukup aneh. Selanjutnya ia mempercayai teori konspirasi yang disampaikan oleh penulis AS tersebut, kemudian berteori bahwa sebenarnya bulan tidak nyata. 

3. Bumi Tidak Bulat, Namun Datar

Sumber: Kompas.com

Teori konspirasi yang selanjutnya cukup populer dan bahkan memiliki pengikut yang cukup banyak. Yaitu teori konspirasi yang menyatakan bahwa bumi datar atau flat earth yang diduga secara tidak resmi ada pada abad ke-19 dan memunculkan flat earth society atau masyarakat bumi datar. 

Setelah hadir dan berdiri masyarakat bumi datar tersebut secara tidak resmi, akhirnya pada tahun 2004 presiden dari masyarakat bumi datar yaitu Daniel Shenton kembali menghidupkan teori konspirasi bumi datar tersebut. 

4. Tragedi Serangan Teroris 9/11

Sumber: SindoNews

Teori konspirasi tragedi serangan teroris 9/11 juga termasuk salah satu teori konspirasi yang cukup populer. Saat tragedi serangan teroris 9/11 tersebut terjadi, pada akhirnya muncul sejumlah teori konspirasi yang cukup dipercaya masyarakat. 

Menurut teori konspirasi tersebut, banyak masyarakat yang percaya bahwa terdapat suatu konspirasi dibalik runtuhnya gedung yang akhirnya menelan banyak korban. Banyak orang yang menyakini bahwa serangan pada 9/11 dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat sendiri dan bukanlah serangan dari teroris. 

Baca juga: Tokoh Dunia yang Menginspirasi dan Diakui Dunia


No comments:

Post a Comment