7 Tokoh Cerdik dalam Jenis Cerita Rakyat Jenaka

7 Tokoh Cerdik dalam Jenis Cerita Rakyat Jenaka


Jenis cerita rakyat jenaka bisa dibilang menjadi cerita rakyat yang paling digemari. Karena didalamnya terdapat begitu banyak perilaku konyol namun cerdas dari para tokoh utamanya.

Cerita ini umumnya dituturkan secara turun-temurun dan kemudian menjadi sebuah budaya yang begitu populer. Siapa sajakah tokoh yang terkenal cerdik dalam cerita rakyat jenaka?

  1. Abu Nawas

Abu Nawas adalah seorang penyair Arab yang seringkali muncul dalam hikayat 1001 malam yang populer di seluruh dunia. Memiliki nama asli Abu Nuwas Al-Hasan Ibnu Hani Al Hakami, Tokoh satu ini seringkali digambarkan sebagai cendekiawan yang mampu memberikan solusi untuk berbagai masalah dengan cerdik.

Umumnya cerita Abu Nawas menceritakan tantangan dengan risiko tinggi yang diberikan oleh Khalifah Harun Al-Rasyid.

Meskipun diceritakan selalu lolos dari maut dan marabahaya, pada kehidupan nyata kehidupan Abu Nawas justru berakhir di penjara hingga akhir hayat. Hal ini karena Abu Nawas menuliskan sajak yang membuat kekhalifahan Bani Mudhar tersinggung.

  1. Nasruddin

Berasal dari daerah Utsmaniah atau sekarang dikenal dengan Turki, Nasruddin Hoja atau Nasrudin merupakan ulama sufi satiris yang hidup pada masa dinasti Seljuk. 

Latar dari cerita Nasruddin adalah sekitar abad ke-13 penanggalan masehi. Anekdot dari Nasruddin yang berupa sindiran atas kondisi sosial dan bersifat jenaka diceritakan secara mulut ke mulut. 

Di daerah Konya yang diyakini sebagai tempat kelahiran Nasruddin diadakan Festival Nasruddin Hodja. Festival ini diadakan pada tanggal 5 sampai 10 Juli setiap tahunnya.

  1. Kabayan

Kembali ke tanah air, terdapat jenis cerita rakyat jenaka yang menceritakan seorang tokoh yang terkenal cerdik seperti Abu Nawas. 

Tokoh ini bernama Kabayan dan berasal dari daerah Sunda. Diceritakan sebagai lelaki desa yang lugu dan lucu, namun seringkali menampakkan buah kecerdikannya dalam memecahkan masalah sehari-hari.

Kisah Kabayan diyakini diturunkan secara mulut ke mulut sejak abad ke-19. Hingga sekarang kisah Kabayan masih tetap populer dan bahkan sering diangkat ke layar kaca.  

  1. Si Kancil

Semua orang pasti sudah mendengar jenis cerita rakyat jenaka tentang kancil. Hewan cerdik yang selalu mempunyai ide cemerlang untuk menyelesaikan masalah. 

Karakternya muncul sebagai  tokoh yang menyampaikan pesan moral dalam setiap kisahnya. Seringkali kancil diceritakan mengelabui hewan-hewan buat agar terhindar dari maut.

  1. Jack

Penokohan Jack dalam jenis cerita rakyat jenaka dikenal dari dunia barat, dan dikenal secara luas lewat kisah Jack dan kacang ajaib. Dalam kisah ini Jack berhasil mengelabui raksasa untuk lolos dari maut dan mendapatkan harta.

Namun sejatinya di tanah britania sendiri, kisah dari jack cukup banyak, seperti jack sang pembasmi Raksasa. Dalam cerita, jack digambarkan sebagai remaja pria yang malas dan ceroboh, namun berkat kecerdikannya berhasil lolos dari ancaman maut.

  1. Pak Belalang

Pak Belalang hadir sebagai tokoh dalam cerita rakyat Melayu yang populer seantero Malaysia dan Sumatera. Dalam kisahnya, Pak Belalang digambarkan sebagai sosok lelaki yang pemalas, namun selalu dilimpahi keberuntungan.

Pak Belalang seringkali berpura-pura menjadi ahli nujum, namun selalu berhasil menjawab setiap pertanyaan yang sulit sekalipun.

Baca Juga : Cerita Malin Kundang

  1. Pak Pandir

Kisah Pak Pandir terkenal berkat ide-idenya yang tidak masuk akal. Salah satunya adalah ketika terdapat pertemuan warga, Pak Pandir yang tinggal di dekat dua buah gunung kembar merasa kesusahan untuk keluar desa.

Kebanyakan warga setuju dan mulai meratakan gunung untuk dipindahkan ke laut. Karena kegigihan Pak Pandir dan warga desa, akhirnya dewa.

Sekian pembahasan tentang 7 tokoh cerdik yang sering diceritakan dalam jenis cerita rakyat jenaka. Kehadiran cerita jenaka tentu akan membuat siapapun yang membacanya menjadi lebih gembira.




0 Response to "7 Tokoh Cerdik dalam Jenis Cerita Rakyat Jenaka"

Post a Comment