7 Jenis Cerita Rakyat Mite Atau Mitos Nusantara yang Penuh Pesan

 

7 Jenis Cerita Rakyat Mite Atau Mitos Nusantara yang Penuh Pesan



Jenis cerita rakyat mite atau mitos adalah cerita tradisional yang diturunkan dari generasi, ke generasi selanjutnya. 

Tokoh yang terlibat dalam cerita mite pada umumnya merupakan manusia dengan kekuatan supranatural, ataupun manusia suci yang diberi kekuatan lebih oleh Tuhan. Para tokoh ini biasanya berhubungan langsung dengan dunia atas atau khayangan.

  1. Nyi Roro Kidul

Merupakan jenis cerita rakyat mitos yang paling dikenal. Alkisah, terdapat seorang raja bijak bernama Prabu Siliwangi yang memimpin kerajaan Pajajaran. 

Prabu Siliwangi memiliki seorang anak yang rupawan bernama Putri dari salah satu selirnya. Prabu Brawijaya sangat menyayangi Putri dan bahkan berencana mewariskan tahta kepada Putri.

Mendengar hal ini, anggota kerajaan lain tidak setuju dan mengirimkan sihir kepada Putri dan Ibundanya. 

Keduanya diberikan penyakit kusta yang tidak dapat disembuhkan. Pada akhirnya sang permaisuri wafat dan Putri diasingkan dari Pajajaran karena hasutan anggota kerajaan lain dan juga Prabu Siliwangi khawatir akan menjadi wabah.

Putri yang sakit hati melarikan diri ke laut selatan, disana Putri tertidur diatas karang dan mendapatkan bisikan dalam mimpi untuk menceburkan diri ke laut. 

Setelah lama menimang, akhirnya Putri melakukan bisikan tersebut. Secara ajaib penyakit di tubuhnya sirna. Sejak saat itu Putri menjadi terkenal di kalangan pesisir dan menjadi penguasa laut Selatan bergelar Nyi Roro Kidul.

  1. Ciung Wanara

Seorang raja mengira anaknya bukan anak kandung dan ia adalah Ciung Wanara. Setelah mengetahui semuanya, Ciung Wanara menjebloskan orang yang membuangnya ke dalam penjara. 

Ciung Wanara akhirnya memimpin dan hidup bahagia bersama ibunda dengan memimpin kerajaan Pakuan Pajajaran.Kisah ini menambah jenis cerita rakyat mite yang beredar di masyarakat.

  1. Joko Dolog

Suatu hari ada putri yang membuat sayembara. Syaratnya adalah membangun pemukiman dengan membuka hutan di Surabaya bagian barat. 

Jaka taruna yang licik menghasut Joko jumput untuk membunuh Pangeran Situbondo. Namun, kebohongan ini terbongkar, dan akhirnya Adipati Jayengrana selaku Ayahanda Dewi Purbawati engutuk Jaka Taruna menjadi batu yang dikenal sebagai Joko Dolog.

  1. Telaga Bidadari

Seorang pemuda kelaparan bernama Jaka pergi ke telaga untuk minum. Ternyata bersamaan tengah berenang beberapa gadis cantik yang ternyata adalah bidadari dan mereka pun jatuh cinta sehingga memiliki anak. 

  1. Joko Tingkir

Jenis cerita rakyat mitos ini bercerita bahwa pasca runtuhnya Majapahit, daerah Jawa Tengah dikuasai oleh kesultanan Demak Bintara dengan Raden Patah sebagai pemimpinnya. 

  1. Nawang Wulan

Merupakan versi lanjutan dari kisah Telaga Bidadari. Dimana Jaka Tarub akhirnya menikahi bidadari bernama Dewi Nawang Wulan dan memiliki anak. 

Karena seorang bidadari, Dewi Nawang Wulan memiliki kelebihan, salah satunya adalah menciptakan bakul nasi dari sebutir beras asalkan tidak ada yang mengetahui. 

  1. Barong Bali

Barong Bali lekat dengan keadaan reog dari Ponorogo. Sepanjang tarian Barong, digambarkan pihak baik yang diwakili oleh Barong, yaitu makhluk buas berkaki empat.

Sementara pihak jahat digambarkan oleh Rangda, yaitu sosok wanita menyeramkan dengan taring panjang.

sangat dekat dengan perkisahan para dewa dan setan. Sehingga selalu membuat bulu kuduk berdiri tiap disampaikan cerita Barong.

Baca Juga : Jenis Cerita Rakyat

Keragaman jenis cerita rakyat berupa mitos di Nusantara membuat kebudayaan yang ada semakin berwarna. Kisah yang disampaikan selalu sarat akan makna dan pesan-pesan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan.


0 Response to "7 Jenis Cerita Rakyat Mite Atau Mitos Nusantara yang Penuh Pesan"

Post a Comment