7 Jenis Cerita Rakyat Legenda Ini Memiliki Makna Mendalam

7 Jenis Cerita Rakyat Legenda Ini Memiliki Makna Mendalam






Legenda merupakan jenis cerita rakyat yang berisi tokoh, peristiwa ataupun tempat yang mencampurkan fakta sejarah dengan cerita mitologi. Berikut beberapa jenisnya.

  1. Keong Mas

Cerita Keong Mas merupakan jenis cerita rakyat legenda yang berasal dari daerah Jawa Timur. Berkisah tentang putri kerajaan Daha bernama Candra Kirana yang hendak dilamar oleh pangeran rupawan bernama Raden Inu Kertapati.

Namun, Dewi Galuh yang merasa isi akhirnya menyingkirkan Candra Kirana dengan disihir menjadi Keong Mas. 

Ketika berubah wujud menjadi keong, Candra Kirana dipelihara oleh seorang janda. Kabar ini sampai ke kerajaan dan pangeran akhirnya mencari Kirana. Keduanya bertemu dan akhirnya hidup bahagia.

  1. Sangkuriang

Cerita Sangkuriang secara turun-temurun beredar di lingkungan masyarakat Sunda. Legenda sangkuriang berkisah tentang keinginan seorang anak untuk menikahi ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi. Sang ibu sebenarnya merupakan bidadari yang memiliki paras cantik dan awet muda.

Dayang Sumbi menyanggupi keinginan Sangkuriang dengan satu syarat. Namun pada saat Sangkuriang hampir menyelesaikan syarat dari Dayang Sumbi, Dayang Sumbi menggagalkan upaya tersebut sehingga Sangkuriang gagal. Kisah ini menjadi asal-usul dari terbentuknya gunung Tangkuban Perahu.

  1. Timun Mas

Jenis cerita rakyat Legenda ini berasal dari daerah Jawa Tengah. Menceritakan Timun Mas, seorang gadis yang terlahir dari sebuah timun berwarna emas. Buah timun tadi ditanam oleh janda tua bernama Mbok Srini berkat petunjuk dari raksasa di dalam mimpinya.

Raksasa itu memerintahkan Mbok Srini untuk menanam biji timun. Nantinya, apabila telah lahir seorang anak dari timun yang ditanam, raksasa akan meminta anak tadi sebagai santapan apabila telah beranjak remaja. 

Namun dengan berbagai usaha dan perjuangan, Timun Mas berhasil tetap hidup bahagia bersama Simbok

  1. Malin Kundang

Berasal dari daerah Sumatera Barat, Malin Kundang berkisah tentang seorang anak janda bernama Mande Rubayah. Anak ini diberi nama Malin Kundang, yang pergi merantau ketika dewasa dan kembali setelah menjadi kaya raya bersama istrinya. 

Malin selama ini mengatakan bahwa Ibunya adalah seorang bangsawan dan bukan rakyat jelata yang miskin.

Karena menuruti sang istri yang malu, Malin tidak mengakui ibunya sendiri. Mande Rubayah akhirnya mengutuk Malin Kundang menjadi batu yang bersujud.

  1. Kancil

Cerita tentang kancil adalah cerita paling populer dalam khazanah perdongengan Nusantara. Legenda yang mengisahkan tentang kecerdikan kancil sangat banyak, mulai dari kancil dan buaya, kancil dan petani, dan masih banyak lainnya.

  1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Jenis cerita rakyat legenda ini berasal dari daerah Riau, dan bercerita tentang dua gadis cantik kakak beradik dengan sifat yang berkebalikan. Bawang Merah sang kakak memiliki sifat buruk yaitu malas, sombong dan dengki. Seentara sang adik, bawang putih bersifat baik yaitu rendah hati, rajin dan jujur.

Kakak beradik ini hidup bersama ibu tiri yang sifatnya sama dengan Bawang Merah. Di akhir cerita Bawang Putih yang mendapatkan kehidupan bahagia berkat sifat baiknya.

  1. Ande-Ande Lumut

Legenda Ande-Ande Lumut mengisahkan seorang pangeran bernama Raden Panji Asmarabangun yang melarikan diri dari Kerajaan Kediri untuk mencari calon permaisurinya, yaitu Dewi Sekartaji dari Kerajaan Jenggala.

Pangeran yang kabur mengubah namanya menjadi Ande-ande Lumut, sedangkan Dewi Sekartaji menjadi Klenting Kuning. Karena digariskan berjodoh, keduanya akhirnya dipertemukan walau dengan berbagai rintangan yang menghadang.

Baca Juga : Cerita Malin Kundang

Ternyata banyak sekali jenis cerita rakyat legenda yang ada di Nusantara. Semoga cerita-cerita diatas dapat memberikan manfaat dari segi moril ataupun membuat perbuatan menjadi lebih baik.

 



0 Response to "7 Jenis Cerita Rakyat Legenda Ini Memiliki Makna Mendalam"

Post a Comment