5 Berita Terbaru Hari Ini di Indonesia Terkini

Informasi adalah hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Informasi bisa diperoleh dari berbagai sumber. Salah satunya adalah berita. Namun anda pun harus jeli ketika mencari suatu berita. Saat ini, kita sangat mudah menemukan berita palsu atau hoax. Maka dari itu, cari dan bacalah berita dari sumber terpercaya dan akurat. Bagi Anda yang ingin mengetahui berita terbaru hari ini di Indonesia terkini, berikut adalah 5 berita terbaru yang perlu anda tahu.


1. Brigjen Prasetijo Utomo divonis penjara 3.5 tahun

Pada Rabu, 10 Maret 2021 Brigjen Prasetijo Utomo resmi divonis penjara 3.5 tahun. Hukuman ini dijatuhi oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta atas keterlibatan Brigjen Prasetijo Utomo  pada kasus suap Djoko Tjandra. Selain dimasukkan ke dalam bui, Prasetijo juga dikenai denda sebesar Rp. 100 juta. Secara sah, Prasetijo telah melakukan tindak pidana korupsi berupa penerimaan dana suap sebesar Rp 100 ribu dolas AS dari Djoko Tjandra. Selain itu, ia dianggap tidak mendukung program pemerintah dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

Hukuman yang dijatuhi pada Prasetijo didasarkan pada pasal 5 ayat 2 juncto pasal 5 ayat 1 huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 yangmana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Dengan hukuman tersebut, Prasetijo telah merusak citra institusi Polri di mata masyarakat.

2. Konflik Partai Demokrat

Perseturuan antar anggota di partai Demokrat semakin memanas. Pemberitaan terbaru Moeldoko bersama kawan-kawannya mengadakan Kongres Luar Biasa (KLB) secara sepihak di Deli Serang. Tentunya hal ini menciptakan banyak kontra atau pertentangan dari kubu lawan. Bahkan tidak sedikit ahli politik dan masyarakat umum menganggap aktivitas tersebut ilegal. Sebagai bentuk protes, kubu Demokrat Ketua Umum saat ini meminta Kemenkumham untuk menolak hasil KLB Moeldoko tesebut. Terlebih lagi, KLB yang dilakukan tidak sesuai dengan kode etik politik.

3. Draf Frasa Agama di Pendidikan Indonesia

Road map pendidikan 2020- 2035 yang disusun oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menimbulkan kontra di tengah masyarakat. Hal ini disebabkan karena pada road map tersebut, Kemendikbud menghilangkan frasa agama. Sebagai bentuk protes, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta Kemendikbud untuk kembali mengevaluasi road map pendidikan tersebut. Tentu hal ini agar tidak membuat masyarakat resah.

4. Kekerasan perempuan semakin meningkat

Di tengah masa pandemi covid-19, tindak kekerasan dan kejahatan masih tidak berkurang. Justru tindak kekerasan semakin banyak. Hal ini bisa dilihat dari beberapa kasus kekerasan terhadap perempuan. Bahkan kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia meningkat 5 kali dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Peningkatkan ini ungkapkan oleh Sekretaris Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementrian PPPA), yakni Pribudiarti Nur Sitepu dalam rapat virtual Koordinasi Nasional Penganggulangan Bencana Tahun 2021.

5. Dana APBD dialihkan untuk Penanganan Covid-19

Sebagai bentuk usaha pencegahan dan penanggulangan bencana Covid-19, Dana APBD sebesar Rp. 42.15 triliun dialihkan untuk penanganan Covid-19. Besaran dana APBD yang dialihkan ini diungkapkan Suhajar Diantoro selaku staf ahli Mentri Dalam Negeri Pemerintahan. Dana penanganan Covid-19 ini akan tersebar ke seluruh Provinsi, Kota dan Kabupaten di Indonesia.

Demikian itu adalah 5 berita terbaru hari ini di Indonesia terkini. Semoga dari sekilas berita tersebut, Anda mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat.


0 Response to " 5 Berita Terbaru Hari Ini di Indonesia Terkini"

Post a Comment