Kumpulan Menu Anak Kost dari Makanan Sisa

Membaca judul di atas pasti membuat Anda mengerutkan kening, bukan? Yang benar saja, masa anak kost disuruh makan makanan sisa? Tenang, maksud makanan sisa di sini ya makanan sisa Anda sendiri kok. Bukan makanan sisa orang lain yang tentu saja tidak terjamin. Bukan hal aneh jika kita menyisakan makanan dengan alasan ini itu. Misal selera makan lagi anjlok, atau lagi tidak sempat makan, atau habis dapat kiriman makanan dari orang lain atau keluarga yang belum dihabiskan. Dimakan sudah tidak selera, dibuang sayang karena masih bisa dimakan. Nah, daripada Anda berada dalam dilema, bagaimana kalau makanan sisanya didaur ulang lagi? Seringnya, makanan yang sudah berganti bentuk dan cara saji bisa lebih menggugah selera kita lho. Ditambah, siapa sih yang bisa menolak makanan panas yang disajikan langsung setelah turun dari wajan. Jadi, inilah kumpulan menu anak kost dari makanan sisa yang semoga bisa jadi inspirasi Anda.

Ikan suwir pedas

Anda mungkin penyuka ikan goreng atau ikan asap tetapi suatu ketika karena kesibukan atau hal lainnya, menu ikan tersebut bersisa atau tidak tersentuh sama sekali. Makan menu yang sama keesokan harinya bisa saja membosankan. Cobalahh ganti menu tetapi tetap menggunakan bahan ikan yang tersedia seperti ikan suwir pedas yang pastinya bikin selera makan meningkat.


Caranya, Anda tinggal suwir ikan semalam, lalu tumis duo bawang plus cabe jika suka pedas. Masukkan suwiran ikan, lalu tambahkan kecap, saus, dan penyedap sesuai selera. Makan suwiran ikan pedas ini dengan nasi hangat tentu akan sangat menyenangkan. Oh iya, jika Anda ingin makan sayur tetapi malas memasak secara terpisah, boleh banget menambahkan irisan wortel atau daun bawang ke dalam suwiran ini saat dimasak. Nikmat dan praktis bukan? resep dari kumpulan menu anak kost satu ini dijamin bakal jadi menu kesukaan Anda selanjutnya.

 Dari kuah ke panggang

Selain menu ikan goreng yang biasanya menginap, tak jarang Anda memiliki menu lauk berkuah yang terpaksa disimpan di dalam kulkas karena tidak dihabiskan seperti gulai, opor, ikan kuah kuning, dan lain sebagainya. Tentu menu ini bisa dihangatkan dan dimakan seperti biasa, tapi jika Anda ingin menemukan menu dalam tampilan berbeda, mengolah lagi bisa jadi pilihan yang menyenangkan.


Ya, dari kuah ke panggang bisa jadi solusi. Anda bisa saja memilih opsi goreng, tetapi karena ini artikel kumpulan menu anak kost, jadi cara memasak sehemat mungkin yang dibahas di sini. Pakai sedikit minyak saja, lebih baik jika menggunakan wajan anti lengket, panggang sampai kematangan yang Anda sukai lalu sajikan bersama lalapan seperti mentimun, irisan kubis, ataupun selada.

 Olah ulang nasi

Bukan hanya lauk, ternyata nasi sebagai sumber makanan pokok sering jadi makanan sisa yang terpaksa dihangatkan untuk keesokan harinya. Ya, meski nasi adalah makanan harian kita tetapi untuk makan nasi sisa di hari berikutnya kadang bisa jadi hal yang tidak terlalu menyenangkan karena nasi biasanya sudah agak mengering dan tidak sesegar nasi baru masak.


Selain mengolah menjadi nasi goreng, faktanya ada banyak menu dari kumpulan menu anak kost dengan bahan utama nasi yang bisa Anda coba. Jika Anda penyuka makanan manis, mengolah nasi kembali menjadi kue semacam apem bisa jadi solusi. Caranya, Anda harus menghaluskan nasi terlebih dahulu dengan blender dan sedikt air sehingga jadi cairan tepung beras, tambahkan gula dan telur serta sedikit mentega, lalu panggang di teflon atau cetakan kue. Jadi deh cemilan manis yang enak untuk teman minum teh.

Opsi kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengolah nasi menjadi bubur. Bebas apakah bubur manis seperti bubur beras dan siraman kuah gula merah ataukah bubur asin seperti bubur ayam dengan tambahan suwiran ayam, kacang goreng, dan kecap. Tentunya menu ini akan lebih menggugah selera daripada hanya nasi sisa semalam dan bisa jadi opsi dari kumpulan menu anak kost andalan Anda.



Membaca judul di atas pasti membuat Anda mengerutkan kening, bukan? Yang benar saja, masa anak kost disuruh makan makanan sisa? Tenang, maksud makanan sisa di sini ya makanan sisa Anda sendiri kok. Bukan makanan sisa orang lain yang tentu saja tidak terjamin. Bukan hal aneh jika kita menyisakan makanan dengan alasan ini itu. Misal selera makan lagi anjlok, atau lagi tidak sempat makan, atau habis dapat kiriman makanan dari orang lain atau keluarga yang belum dihabiskan. Dimakan sudah tidak selera, dibuang sayang karena masih bisa dimakan. 

Nah, daripada Anda berada dalam dilema, bagaimana kalau makanan sisanya didaur ulang lagi? Seringnya, makanan yang sudah berganti bentuk dan cara saji bisa lebih menggugah selera kita lho. Ditambah, siapa sih yang bisa menolak makanan panas yang disajikan langsung setelah turun dari wajan. Jadi, inilah kumpulan menu anak kost dari makanan sisa yang semoga bisa jadi inspirasi Anda.


0 Response to " Kumpulan Menu Anak Kost dari Makanan Sisa"

Post a Comment