5 Cemilan Sehat untuk Ibu Menyusui yang Sehat dan Bermanfaat

cemilan-sehat-untuk-ibu-menyusui


Kabar360.com - Apakah Anda pernah bertemu ibu menyusui yang mampu menjaga berat badan seperti sebelum hamil? Kemungkinan ibu menyusui akan kehilangan berat badan banyak saat melahirkan atau justru yang lebih sering terjadi adalah ibu yang mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak. Terlepas dari banyak faktor yang membuat ibu menyusui mengalami kenaikan berat badan, tetap kita tidak bisa memungkiri obesitas atau kegemukan itu tidak sehat dan berpotensi mengundang banyak penyakit. Salah satu penyebab yang pasti dari kenaikan berat badan ibu menyusui adalah pola makan yang tidak tepat. Ungkapan ibu menyusui wajar makan banyak karena makan untuk dua orang biasanya yang jadi pembenaran dan alasan yang digunakan wanita menyusui agar bisa makan semaunya, termasuk ngemil sesuka hati. Faktanya, jika makan dengan teratur dan gizi seimbang, keinginan ngemil berlebihan pada ibu hamil sangat mungkin bisa ditekan. Berikut ini lima jenis cemilan, makanan untuk ibu menyusui yang sehat dan bermanfaat.

1. Kacang-kacangan

Salah satu cemilan sehat, makanan untuk ibu menyusui yang bisa Anda konsumsi tanpa harus waswas akan kandungan yang kurang baik darinya adalah kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang tanah, kacang hijau, dan semacamnya. Untuk kacang-kacangan yang biasanya disajikan dengan cara menggoreng bisa Anda ubah dengan memanggang dalam oven atau sangrai tanpa minyak dengan wajan anti lengket.

Kacang-kacangan selain mengandung serat yang tinggi dan bagus untuk pencernaan, kacang juga mengandung protein dan lemak baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Meski begitu, cemilan enak ini sama halnya dengan makanan lainnya dianjurkan makan dalam porsi terukur dan terkontrol sebab kacang memiliki nilai kalori yang cukup tinggi.

2. Buah-buahan

Cemilan sehat kedua, makanan untuk ibu menyusui yang bisa Anda konsumsi saat mungkin ingin makan manis tetapi sedang diet makanan tinggi gula, ambillah buah dalam porsi terkontrol dan nikmati dalam keadaan yang paling Anda sukai seperti sajikan dingin bersama es batu dan kucuran jeruk nipis ataukah jadikan salad tetapi minus mayonnaise demi menghindari asupan lemak yang tak terkontrol.

3. Tahu 

Ya, pada dasarnya tahu adalah bahan makanan atau bisa kita masukkan dalam kelompok lauk pauk. Namun, Anda bisa mengkonsumsi tahu sebagai camilan sehat dan bermanfaat saat lapar diantara jam makan. Anda bisa mengolah tahu menjadi tahu bacem, tahu kukus berbumbu, atau olahan tahu nikmat lainnya seperti tahu campur dan lain sebagainya.

Sebagai sumber protein yang sangat dibutuhkan tubuh, tahu juga ternyata mengandung lemak sehat yang bisa menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh Anda. Jadi, mulai sekarang jangan ragu jadikan tahu sebagai alternatif cemilan sehat mengenyangkan dan penunda lapar yang pastinya bermanfaat.

Baca Juga :  3 Resep Menu Masakan Sunda Yang Enak dan Lezat

4. Tempe 

Sama halnya dengan tahu, tempe juga dikenal sebagai lauk yang biasanya dimakan untuk mengganti lauk hewani lainnya seperti ayam, daging-dagingan, ataupun telur. Anda bisa menikmati tempe sebagai cemilan, makanan untuk ibu menyusui yang sehat dan kaya manfaat dalam olahan tempe bacem, tempe panggang berbumbu, steak tempe, nugget tempe, dan ragam olahan tempe nikmat lainnya.

Tempe yang berasal dari kacang kedelai yang difermentasikan memiliki banyak kandungan nutrisi seperti lemak, protein, dan sedikit serat. 

5. Sayuran

Mungkin makanan untuk ibu menyusui yang kelima ini agak jarang dimakan sebagai cemilan tetapi bukannya tidak bisa, lho. Anda bisa menikmati cemilan sayuran seperti mentimun dengan sedikit cuka dan cabe rawit jika suka pedas dalam olahan rujak atau mencoba salad sayuran dengan saus kacang sangrai yang nikmat dalam porsi kecil. Dijamin cemilan sayuran seperti ini mampu menunda lapar tetapi tetap sehat dan membantu Anda menjaga berat badan ideal karena tidak over kalori.

0 Response to "5 Cemilan Sehat untuk Ibu Menyusui yang Sehat dan Bermanfaat"

Post a Comment