5 Resep Kue Basah Praktis Lezat Jenis Lapis

5-resep-kue-basah-praktis-lezat-jenis-lapis

Apakah Anda gemar travelling atau jalan-jalan? Ketika berkunjung ke tempat wisata di Indonesia, rasanya belum lengkap jika Anda tidak berburu makanan khas daerah tersebut. Salah satu jenis makanan khas yang hampir ada di beberapa daerah di Indonesia adalah kue lapis. Bahkan Anda bisa menemukan kudapan ini di 7 kota yang berbeda di Indonesia. 

Tentunya, setiap daerah memiliki ciri khas kue lapis masing-masing. Dari segi bahan dan cara pengolahannya pun berbeda di tiap daerah. Hal tersebut menjadikan setiap jenis kue lapis memiliki keunikan tersendiri. Penasaran dengan jenis-jenis kue lapis khas negara kita? Yuk, kita ulik aneka kue lapis beserta asalnya berikut ini.

Aneka Kue Lapis Beserta Asalnya.

1. Kue Lapis Khas Surabaya

Kue lapis Surabaya adalah jenis lapis yang paling terkenal di Indonesia. Resep lapis surabaya berasal dari warisan Belanda yang dikenal dengan kue Spekkoek. Kue ini terdiri dari 3 lapisan, yakni dua lapis berwarna kuning dan satu lapis berwarna coklat di bagian tengah. 

Lapisan berwarna coklat tersebut dibuat dengan campuran bubuk coklat yang lezat. Tekstur kue ini berupa roti yang lembut dan rasanya manis. Selain itu, lapis surabaya juga memiliki aroma khas cengkeh, cardamon, dan kayu manis.

2. Kue Lapis Khas Manado

Manado yang merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini memang lebih populer akan makanan pedasnya. Namun, ternyata ada salah satu kudapan manis yang tak kalah lezat yakni kue lapis manado. Tekstur kue ini lembut, padat hampir mirip puding dan terdiri dari beberapa lapis. Bahan pembuatnya terdiri dari tepung terigu, gula pasir, pandan, santan, serta coklat. Di tiap gigitan kue ini begitu kental cita rasa pandan dan coklat.

3. Kue Lapis Khas Bandung

Kue lapis khas Bandung juga dikenal dengan nama lapis legit. Kudapan ini memiliki tekstur yang hampir mirip kue lapis Surabaya. Namun, bagi Anda penggemar kue lapis, pasti sudah tak asing dengan perbedaan kedua kue ini. Lapis Surabaya memiliki 3 lapisan, tapi lapis legit terdiri dari 18 lapis kue. Di samping itu, lapis Surabaya terbuat dari bubuk coklat. Sementara lapis legit menggunakan bahan rempah, yakni kayu manis, kapulaga, dan pala.

Baca Juga : 5 Menu Kue Basah Modern Dengan Santan

4. Kue Lapis Sagu Khas Betawi

Berbeda dengan beberapa jenis kue lapis yang berupa sponge cake atau tergolong jenis bolu, kue ini teksturnya sangat lain. Bahan utama pembuatnya adalah tepung sagu, sehingga membuat lapis betawi memiliki tekstur yang agak kenyal. Selain itu, kue ini juga memiliki beragam warna yang menarik bak pelangi. Anda bisa menemukan kue lapis betawi di pasar tradisional kue. Lapis betawi juga dikenal dengan nama kue pepe.

5. Kue Lapis Khas Bogor

Kue lapis khas bogor menggunakan bahan baku tanaman khas daerah ini, yaitu talas. Terdapat dua lapisan pada kue ini yakni warna kuning dan warna ungu khas talas. Lapis bogor diberi tambahan topping krim dan keju di bagian atasnya, sehingga rasanya makin lezat. Seiring berkembangnya dunia kuliner, terdapat berbagai inovasi kue lapis bogor. Mulai dari varian rasa keju, teh hijau keju, coklat keju, hingga strawberry keju.

Itu tadi beberapa jenis kue lapis khas Indonesia. Kelezatan kue lapis tersebut sudah melegenda, sehingga rasanya sayang jika Anda berkunjung tanpa membeli kue ini sebagai buah tangan. Duh, membayangkan saja jadi ingin segera menyantap kue lapis, ya. Dari semua jenis kue lapis di atas, kira-kira kue mana yang belum pernah Anda coba?

 Baca Juga : 7 Resep Kue Basah Praktis Aneka Surabi


0 Response to " 5 Resep Kue Basah Praktis Lezat Jenis Lapis"

Post a comment