5 Menu Kue Basah Modern Dengan Santan

5-menu-kue-basah-modern-dengan-santan

 Salah satu masakan yang juga dikenal paling banyak variasinya adalah makanan yang menggunakan santan, karena santan merupakan bahan yang juga sangat banyak manfaatnya dalam menambah rasa dan variasi makanan. Menggunakan santan tidak harus diperuntukkan pada makanan yang berat atau sulit, tapi makanan yang lumayan ringan pun juga bisa menggunakan santan seperti kue-kue basah. Beberapa contoh kue basah yang menggunakan santan adalah sebagai berikut.

Beberapa Kue Basah yang menggunakan santan

1. Kue Sarikayo Minang

Kue basah satu ini berasal dari Padang, Sumatera Barat. Dessert sarikayo Minang ini merupakan campuran gula merah, tepung maizena dan santan yang berakhir menjadi seperti puding yang dikukus. Kalau selain di Padang, mungkin akan lebih dikenal dengan kue sarikaya tapi dengan olahan yang berbeda yaitu menggunakan bahan dasar larutan air daun pandan. Makanan ini akan lebih lezat lagi jika dimakan bersama ketan putih, kekuatan santan dan gula merah sangat terasa. 

2. Kue Lapis Legit

Siapa yang tidak tahu jenis kue yang satu ini, kue lapis legit atau lapis Melayu. Kue basah ini, memiliki tekstur lembut dan motif garis. Kue lapis legit ini juga menggunakan santan, dimana santan tersebut dibuat kental dan dimasukan bersama terigu dan beberapa bahan lainnya. 

Rasanya legit sesuai dengan namanya, didukung dengan santan yang membuat gurih. Kue ini memang kesannya seperti kue bolu, tapi lapisannya rata dan lembut.

3. Kue Lumpur Surga

Kalau sebelumnya kita mengenal kue lumpur yang terbuat dari kentang, lain halnya dengan kue lumpur surga yang satu ini. Karena kue lumpur kali ini menggunakan olahan santan, biarpun sama-sama memiliki nama kue lumpur tapi lumpur surga ini terbuat dari santan dan daun pandan. Rasanya sangat kental akan daun pandan dan lembut, juga santan kelapa asli yang berada di bagian atasnya. Terdiri dari dua lapis, bagian atas dan bawah yang berbeda. 

Baca juga : Cara Mudah Membuat Soto Ayam Lamongan Koya Enak dan Segar

4. Tetu atau Perahu Santan

Kue yang satu ini sangat unik, karena bentuknya mengikui dari asal namanya. Yaitu, tetu atau perahu santan. Dari namanya pasti Anda bisa membayangkan, bukan hanya menggunakan santan tapi malah satu wadah benar-benar dipenuhi santan. Warnanya pun putih, seperti warna asli santan. Diletakkan dalam wadah daun pisang, yang dibentuk seperti bentuk perahu. Bahan-bahannya selain santan, juga menggunakan tepung terigu dan tepung beras. Bahkan, makanan ini bisa dimakan oleh anak Anda yang balita sebagai makanan MPASI. 

5. Wajik Santan Gula Merah

Pilihan menu santan yang terakhir adalah Wajik santan gula merah, makanan atau kue basah yang menggunakan dua tipe santan yaitu santan kental dan santan bening. Wajik terbuat dari ketan putih yang diracik bersama gula merah dan santan, cocok untuk cemilan sore hari bersama keluarga. Cara membuatnya pun tidak sulit, hanya dibutuhkan kesabaran agar terbentuk sempurna. Olahan makanan yang terbuat dari santan atau sekedar diberi kuah santan memang terasa lebih nikmat, dibandingkan jika tidak diberi santan. Selain sebagai penambah aksesoris seperti kuah, juga sebagai tambahan penyedap karena membuat lebih gurih dan lebih terasa. Sebagai Negara yang kaya akan rempah-rempah, Indonesia memang dikenal sebagai Negara yang memiliki banyak makanan dengan menggunakan santan. Namun, sekarang menyiapkan santan tidaklah sulit karena sudah ada santan yang dibuat instan yang dijual di pasaran. Sekarang tinggal Anda yang menentukan, mau pilih yang mana dari menu-menu di atas.

Baca juga : INILAH CARA MEMULAI USAHA KULINER SUPAYA BERJALAN DENGAN LANCAR




 


0 Response to "5 Menu Kue Basah Modern Dengan Santan"

Post a comment