Cara Mudah Mengecek Nomor IMEI Handphone

cara-mudah-mengecek-nomor-imei-handphone

Kabar360.com - Di zaman digital yang modern ini, handphone menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Karena memang hampir semua aktivitas manusia sehari-hari tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya handphone. Jadi, fungsi handphone sekarang ini bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, melainkan untuk menunjang aktivitas lainnya. Seperti untuk pendidikan, bekerja, bisnis, dan lain sebagainya. Sehingga tidak aneh, kalau hampir semua orang memilki yang namanya handphone. Mulai dari handphone jadul dengan harga murah hingga yang mahal sekalipun dengan berbagai fitur yang lebih canggih dan modern. 

Pada saat ini banyak sekali produk hp Android dengan berbagai merk serta spesifikasi yang ditawarkan yang beredar di pasaran. Hal ini tentunya bisa menjadi banyak pilhan bagi anda yang akan membeli smartphone android baru maupun bekas.

Selain memperhatikan spesifikasi handphone, hal lainnya yang harus anda perhatikan saat membeli handphone adalah legalitasnya. Legalitas ini anda bisa lihat dengan tercantumnya nomor IMEI handphone anda di Kemenperin. Apalagi sekarang ini pemerintah telah menerapkan aturan IMEI guna mencegah peredaran handphone ilegal pada 18 April 2020. Jadi, handphone dengan IMEI yang ilegal akan diblokir atau tidak akan mendapatkan sinyal jaringan operator seluler. Maka dari itu, anda haris kritis dan cerdas dalam membeli handphone sesudah aturan tersebut berlaku. 

Nomor IMEI merupakan nomor identitas unik yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Assocation (GSMA) untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan oleh produsen handphone. Nah, jika ada suatu handphone memiliki slot SIM Card ganda, maka akan tersedia dua nomor IMEI yang dimiliki oleh handphone tersebut. 

Semua nomor IMEI tersebut akan didafarkan ketika sebuah handphone akan dijual di Indonesia. Sehingga saat ini Kemenperin terus mengumpulkan semua data IMEI dari handphone resmi. Oleh karena itu, pastikan bahwa nomor IMEI handpnoe yang anda beli terlah terdafatr di Kempenperin.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui nomor IMEI handphone anda, terutama yang berbasis smartphone Android. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang cara cek IMEI handphone sebagai berikut ini:

1. Bodi Belakang Handphone

Saat anda membeli handphone baru maka coba perhatikan bodi bagian belakangnya. Dimana, biasanya ada berupa cetakan stiker nomor IMEI. Walaupun demikian, tidak semua vendor menyertakan nomor IMEI pada bagian belakang handphonenya. 

2. Kotak Ponsel

Selain melihat bodi belakang handphone, untuk mengecek nomor IMEI anda juga bisa coba melihatnya di kotan handphone. Dalam hal ini, biasanya nomor IMEI tersebut ditempatkan bersama serial number handphone tersebut.

3. Menu Pengaturan

Untuk mengecek nomor IMEI anda bisa melakukannya melalui menu pengaturan. Untuk perangkat iPhone anda bisa mengeceknya dengan langkah sebagai berikut ini : Setting > General > About. Sementara untuk perangkat Android : Menu Setting > About Phone > Status.

4. Tekan *#06#

Jika pada bagian bodi belakang handphone anda tidak ada stiker nomor IMEI, dan kotaknya handphon pun juga tidak ada, maka untuk mengecek nomor IMEI anda bisa melihatnya dengan cara menekan tombol *#06# di menu panggilan telepn dan nomo IMEI akan muncul secara otomatis pada layar handphone anda. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang cara mengecek nomor IMEI handphone. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi anda yang akan membeli handphone. 

0 Response to "Cara Mudah Mengecek Nomor IMEI Handphone"

Post a comment