5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh


Kabar360.com - Temulawak merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh.

Bahkan terhindar dari penyakit kronis pun bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi temulawak secara rutin. Anda bisa membuat jamu atau olahan lainnya untuk mengonsumsi temulawak.

Dan agar Anda semakin yakin dan mau mengonsumsi temulawak, berikut ini adalah manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Obat diuretik


Temulawak memiliki banyak manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya bisa  mengatasi penyakit ringan, temulawak juga dapat membantu mengurangi gejala dan mengobati berbagai penyakit kronis.

Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh adalah sebagai obat diuretik. Anda tahu apa itu diuretik?

Obat diuretik adalah zat yang mampu membersihkan tubuh Anda dari garam dan air berlebih. Jika kandungan garam dan air di dalamnya tubuh tidak dikontrol, nantinya akan menyebabkan garam menumpuk. Dan akhirnya hal ini akan mengakibatkan berbagai penyakit kronis.

Jika Anda ingin tubuh tetap sehat dan prima, maka jangan malas untuk minum jamu temulawak. Temulawak yang berperan sebagai obat diuretik ini efektif untuk mengobati beragam penyakit seperti gagal jantung, gagal ginjal, pembengkakan jaringan dan berbagai masalah penyakit kronis lain.

2. Baik untuk penderita Alzheimer


Temulawak merupakan rempah yang sering digunakan pada suplemen penambah nafsu makan. Selain itu, temulawak juga memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otak.

Sehingga temulawak merupakan bahan alami yang baik bagi para penderita penyakit alzheimer. Kandungan yang terdapat pada temulawak nyatanya mampu memberikan efek tenang pada penderita alzheimer.

Efek penenang ini dihasilkan karena temulawak yang mampu meningkatkan hormon BDNF (Brain-Derived Neurotrhopic Factor) yang berfungsi untuk menenangkan otak. Jadi, temulawak pun baik untuk mengatasi depresi yang Anda alami.

3. Mengatasi Osteoarthritis


Saat ini, ada banyak jenis penyakit yang bermunculan. Hal demikian ini bisa disebabkan akibat pola hidup manusia yang buruk dan alam yang tidak terjaga keasriannya.

Salah satu penyakit yang tampk ringan tetapi berpotensi berbahaya adalah penyakit sendi degeneratif. Jika Anda mengidap penyakit ini atau ingin terhindar dari rasa sakit yang akan diderita, maka konsumsilah temulawak.

Temulawak merupakan rempah asli Indonesia yang memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah mampu mengatasi Osteoarthritis yang merupakan penyakit sendi degeneratif.

Kondisi Osteoarthritis adalah kondisi di mana Anda mengalami sakit dan kaku pada sendi-sendi tubuh. Temulawak nyatanya memiliki fungsi yang sama dengan ibuprofen yang diberikan pada penderita osteoartritis untuk menghilangkan rasa sakit.

Baca juga: Gagal Jantung: Ulasan Lengkap Terkait Apa Itu Gagal Jantung

4. Mencegah penyakit jantung


Selain yang telah disebutkan di atas, temulawak juga sangat bermanfaat untuk mencegah tubuh Anda terkena risiko penyakit jantung.

Meskipun kondisi jantung Anda sehat, bukan berarti tidak ada risiko terkena penyakit jantung. Agar terhindar dari risiko penyakit jantung, maka tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi temulawak. Anda bisa meminumnya langsung menjadi jamu ataupun olahan sehat lainnya.

5. Mencegah penyakit kronis


Temulawak juga bisa membuat kulit Anda menjadi bersih dan sehat lho. Tetapi hal paling penting yang perlu Anda ketahui adalah temulawak dapat mencegah Anda terkena penyakit kronis seperti kanker, sakit jantung, sakit ginjal dan penyakit kronis lainnya yang berbahaya.

Temulawak sangat berguna bagi Anda untuk menjaga kesehatan seiring bertambahnya usia. Temulawak mampu menjaga aliran pembuluh darah tetap lancar, mencegah perkembangan sel kanker dan risiko penyakit kronis yang berbahaya.

Nah, demikian itu adalah manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh. Dengan mengetahui manfaat temulawak tersebut di atas, maka setidaknya Anda tahu dan mau untuk rajin mengonsumsi tanaman asli Indonesia ini. Sehat dan banyak manfaatnya buat tubuh lho.

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Memanjangkan Rambut

0 Response to "5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh"

Post a comment