Berikut Indikasi Penentu Kesuburan Pria

kalkulator-masa-subur-pria

Kabar360.com - Kebanyakan orang menganggap jika masalah kesuburan hanya untuk perempuan saja. Padahal kesuburan dari suami dan istri harus sama sama diperhatikan karena bisa meningkatkan peluang kehamilan.

Pastinya menghitung masa subur pria berbeda dengan cara menghitung masa subur perempuan. Untuk menghitung masa subur pria bisa dilakukan dengan mengukur sperma seperti kuantitas, kualitas, struktur, hingga pergerakan sperma.

Selain itu juga masih ada beberapa faktor lainnya seperti hormone yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Jika semua hal tersebut telah dipenuhi, maka seorang suami bisa dibilang subur dan spermanya dapat berperan didalam membuahi sel telur.

Sebenarnya masa subur pria bisa ditentukan, hanya saja tidak bisa rutin tidak seperti pada perempuan yang setiap bulannya itu bisa dilihat.

Waktu bisa menentukan kapan seorang pria sedang dalam kondisi masa subur. Masa subur pria bisa meningkat dipagi hari atau saat tibanya musim dingin.

Waktu inilah yang bisa mempengaruhi kualitas sperma. Semakin tinggi suhu ruang, maka akan semakin besar juga resiko terhadap sperma yang akan dihasilkan.

Jika ibu ingin mengetahui lebih banyak informasi tentang indikasi sebagai cara menghitung masa subur suami, maka berikut dibawah ini beberapa indikasi yang bisa menentukan kesuburan seorang pria diantaranya yaitu :

kalkulator-masa-subur-pria

Baca juga: Bikin Video Tik Tok bareng IDN App, Dapatkan iPhone X!

1. Kuantitas Sperma 


Para pria harus tahu jika jumlah atau kuantitas sperma akan mempengaruhi masa subur pria.

Buruknya kuantitas sperma tidak jarang dipengaruhi oleh kurang sehatnya gaya hidup seperti pola hidup tidak sehat, mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi, kurang berolahraga, hingga kurangnya jam tidur yang dapat mempengaruhi kuantitas sperma.

Idealnya dalam sekali ejakulasi akan dikeluarkannya sperma sebanyak 15 juta telur sel sperma per milliliter.

2. Kualitas Sperma


Secara kondisi fisik, kualitas sperma akan sangat menentukan peluang terjadinya kehamilan. Yang perlu diketahui adalah normalnya sperma yang dikeluarkan paling sedikitnya sekitar 2 cc hingga 5 cc dalam sekali ejakulasi.

Jika dibilang terindikasi kurang, maka harus mengkonsultasikannya dengan dokter. Harus diperhatikan juga konsistensi kekentalan cairan sperma.

Jika terlalu terus encer seperti air, maka harus segera melakukan pemeriksaan.

3. Pergerakan Sperma 


Pergerakan Sperma atau motilitas merupakan kemampuan sperma untuk bergerak didalam tubuh pasangan secara efisien dan dapat membuahi sel telur.

Pergerakan sperma yang dianggap normal dan lincah yaitu jika 40 % dari keseluruhan sperma bisa bergerak secara bebas, sehingga dapat menyebrangi leher rahim dan saluran tuban.

Setidaknya ada sekitar 32 % yang dapat bergerak maju atau berada didalam lingkaran besar. Jika pergerakan sperma tersebut dipenuhi, maka dapat meningkatkan kesuksesan supaya bisa cepat hamil.

4. Struktur Sperma 


Struktur Sperma juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghitung masa subur pria. Struktur sperma kondisinya bisa dianalisis melalui mikroskop sehingga kepala spermanya bisa diketahui secara jelas.

Bentuk atau struktur sperma secara normal terdiri dari kepala yang berbentuk oval panjang 4,0 – 5,5 mm dan lebar 2,5 – 3,5 mm serta memiliki ekor panjang sekitar 9 – 0 kali dari panjang kepalanya. Seorang pria bisa dikatakan subur jika sudah memiliki lebih dari 50 % sperma dengan bentuk yang normal.

Baiknya struktur normal sperma dapat membantu meningkatkan peluang terjadinya pembuahan atau lebih cepat hamil.

Sebenarnya sekarang untuk mengetahui masa subur pria ini lebih mudah berkat hadirnya kalkulator masa subur pria. Ada banyak aplikasi penghitung masa subur yang bisa didownload di internet.

Baca juga: Ini Dia Deretan HP Gaming Terbaik Untuk Para Gamers!

0 Response to "Berikut Indikasi Penentu Kesuburan Pria"

Post a Comment